Prosedur Membuat
Aplikasi Flash dari Macromedia flash 8
Langkah-Langkah:
1. Buka aplikasi
Macromedia flash 8 dan pilih Flash Document.
|
Cara membuat aplikasi quiz dari macromedia flash 8 1 |
2. Opsional: Pada Frame
1 Layer 1, buat background dengan rectangle tool. Klik
kanan frame 7, pilh
Insert Keyframe. Kunci Layer 1.
3. Klik Insert Layer
(sudut kiri bawah timeline) untuk membuat Layer baru (layer
2).
4. Klik Frame 1 Layer
2, buat judul yang akan dibuat dengan Static Text. Di bawah judul,
buatlah kotak nama
dengan Input Text (aktifkan ‘Show border around text’).
Pada Var, ketik ‘nama’.
Tambahkan petunjuk pengisian kotak nama di atas
Input Text. Sejauh ini
hasilnya seperti gambar di bawah.
|
Cara membuat aplikasi quiz dari macromedia flash 8 2 |
15. Klik kanan Frame 2
Layer 2, pilih Insert Blank Keyframe. Buat soal beserta
pilihan jawabannya
dengan tipe teks Static.
6. Klik Frame 2 Layer
2, kemudian tekan F6 pada Keyboard untuk meng-copy
frame sampai dengan
Frame 6. Klik Frame 3, ganti soal beserta jawabannya.
Demikian seterusnya
sampai dengan soal nomor lima yang ada di Frame 6.
7. Klik kanan Frame 7
Layer 2, pilih Insert Blank Keyframe. Sampai di sini, kunci
Layer 2 dan simpan dulu
dengan nama file IXGEN.
8. Buat Layer baru
(Layer 3). Klik Frame 1, Buat teks ‘MULAI’ dengan Static
Text, letakkan di bawah
kotak nama. Klik Selection Tool (tanda panah kanan
atas pada Tools), Klik
kanan pada teks ‘MULAI’ tersebut, Pilih Convert to
Symbol, Type-nya pilih
Button, lalu klik OK. Pastikan Panel Properties aktif,
pada kotak Instance
Name ketik ‘startbutton’.
9. Klik kanan Frame 2
layer 3, pilih Insert Blank Keyframe. Buat object kotak
dengan Rectangle Tool
tepat di atas pilihan jawaban A. Tekan F8 (Klik kanan
Convert to Symbol),
pada Type pilih ‘Button’, klik OK. Klik ganda Kotak yang
telah dikonversi
menjadi button tersebut. Klik kanan pada Frame Up, pilih Cut
Frames, klik kanan pada
Frame Hit, pilih Paste Frames. Kemudian klik Scene
1 pada Timeline.
10.Pastikan button
kotak terseleksi, Ketik ‘button_a’ pada kotak Instance Name
pada Panel properties.
11.Kopi button kotak
tadi (klik kanan, Copy Paste sekali) dan letakkan tepat di atas pilihan B,.
Seleksi button di atas pilihan B.
jawaban B, Ubah
Instance Name-nya menjadi ‘button_b’, di atas pilihan
12.Klik Frame 2 Layer
3, tekan F6 12 kali untuk men-copy frame. Klik kanan
Frame 7 Layer 3, pilih
Insert Blank Keyframe. Kunci Layer 3.
13.Buat Layer baru (Layer
4). Klik Frame 1 . Tekan F7 12 kali. Masih di Layer 7,
kembali klik Frame 1,
lalu tekan F9 untuk menampilkan panel Action dan
masukkan ActionScript
berikut (bisa dengan Copy-Paste):
stop();
score = 0;
startbutton.onPress =
function() {
nextFrame();
};
14.Klik Frame 2 Layer
4, masukkan ActionScript berikut:
stop();
onEnterFrame = function
() { skor = +score;};
button_a.onPress =
function() {
score += 1;
nextFrame();
};
button_b.onPress =
function() {
nextFrame();
};
15.Lakukanlah hal yang
sama kepada frame selanjutnya.
Sampai di sini, simpan
dulu (tekan Ctrl+S).
16.Selanjutnya, buka
kunci Layer 2 dengan cara klik tanda gambar gembok di
Layer tersebut. Klik
kanan kotak Input Text yang telah dibuat di Frame 1
Layer 2, Copy dan
Paste-kan di Frame 14 (masih di Layer 2). Klik ganda kotak
Input Text dan ketik
‘tanpa nama’.
Di bawah kotak Input
Text, ketik ‘Nilai anda:’ dengan ukuran Font 15 (Type
Text-nya Static Text).
Di bawah teks ‘Nilai anda:’, buat Dynamic Text kosong
dengan cara klik Text
Tool (A) pada panel Tools, pastikan panel Properties
aktif, kemudian pilih
Dynamic Text dengan ukuran font 50, klik di bawah teks
‘Nilai anda:’ dan drag
ke kanan. Pada kotak ‘Var’, ketik ‘skor’.
Di bawah ‘Dynamic Text’
dengan nama Variable ‘skor’. Kembali kunci Layer 2.
Buat keterangan dengan
“static text”.
Tampilan Stage pada
Frame 14 Layer 2 seperti Gambar di bawah.
|
Cara membuat aplikasi quiz dari macromedia flash 8 |
18.Selesai dan tekan
Ctrl+S untuk menyimpan. Di bawah adalah tampilan akhir
jendela
Flash Ducument frame terakhir (14).
19.Untuk melihat
hasilnya, tekan Ctrl+Enter.